Rabu, 24 September 2014

What would we say then?

sumber: FB Berita Islam Masa Kini
What would we say then? klo liat gambar diatas? Katanya itu seorang anak yang mencuri karena lapar.


Sumber: viva.co.id
Lalu apa respon anda saat melihat gambar diatas ini? Mereka pencuri dewasa yang tertangkap.


sumber: google
Dan terakhir, apa respon anda terhadap pencuri terakhir?

Karena satu dan beberapa alasan, anda pasti akan mengucapkan sumpah serapah kepada tiga hal tadi. Bahkan setelah melihat gambar 2 terbawah, anda akan berbalik menjadi iba dan merasa kasihan kepada gambar teratas.
Lalu pada tahap selanjutnya anda akan mulai mengutuk orang yang mengikat anak tersebut dan memaklumi yang dilakukannya karena beberapa hal seperti masih kecil dan karena kelaparan. Ah, mungkin sebentar lagi anda akan mulai sinis dengan pendapat yang akan saya utarakan:

"Mencuri tetaplah mencuri, tak perduli besar/kecil curiannya, dewasa atau anak-anak pelakunya, dan alasan kelaparan/hobby, mencuri adalah perbuatan jahat dan sebuah kejahatan karena menghilangkan hak orang lain."

Manusia selalu punya pilihan. Untuk berbuat benar atau salah. Untuk meminta atau mencuri. Dan hal yang harus kita sadari adalah ada hal lain yang membentuk hal tersebut. Bentuk batu di sungai karena aliran air. Bentuk awan di langit disebabkan oleh hembusan angin. Ada faktor lain yang ikut membentuk dan bertanggungjawab atas bentuk dari hal lain.

Mungkin kita sendiri termasuk dalam salah satu faktor yang ikut membentuk perilaku buruk dari orang lain? ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar